PERAN ORANG TUA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Giantomi Muhammad

Abstract


The current pandemic condition means that the learning process is carried out using a remote system. Children learn from home and are guided by their parents, the educational process must not stop even though it is a pandemic. With this, the role of parents at this time is prioritized especially in implementing character education for children during the distance learning period and parents are required to play their current role during the pandemic in implementing character education at home. This research is in the form of qualitative with the literature study method in finding related data and a descriptive-analytic process is carried out. The results of this study suggest three roles of parents in implementing character education, namely the role of parents as educators, motivators for their children, and providing strong role models. This needs to be done with strong intentions and a frequent habituation process.

Keywords: Role, Parents, Education, Character

Abstrak

Kondisi pandemi saat ini menjadikan proses pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh. Anak belajar dari rumah dan dibimbing oleh orang tuanya, proses pendidikan tidak boleh berhenti meskipun sedang masa pandemi. Dengan hal tersebut peran orang tua pada masa ini sangat diprioritaskan khusnya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter kepada anak pada masa pembelajaran jarak jauh dan orang tua dituntut perannya saat ini dikala pandemi dalam pengimplementasian pendidikan karakter di rumah. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan metode studi pustaka dalam menemukan data-data terkait dan dilakukan proses deskriptif analitik. Hasil pada penelitian ini mengemukakan tiga peran orang tua dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yakni peran orang tua sebagai pendidik, motivator bagi anaknya dan memberikan keteladan yang kuat. Hal tersebut perlu dilakukan dengan niatan yang kuat dan proses pembiasaan yang sering dilakukan.

Kata Kunci: Peran, Orang Tua, Pendidikan, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ardiyana, Rachma Dwi, Zarina Akbar, dan Karnadi Karnadi. 2019. “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dan Motivasi Intrinsik dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2: 494–505.

Arif, Achmad Zainuri, dan Arin Setiyowati. 2018. “Piagam Debest: Integrasi Komitmen Tripusat Pendidikan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah 24 Surabaya.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 2b.

Budimansyah, Dasim. 2012. Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.

Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, dan Sari Puteri Deta Larasati. 2020 . “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01: 123–140.

Chatib, Munif. 2014. Orangtuanya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka.

Dewi, Putu Audina Suksma Cintya, dan Husnul Khotimah. 2020. “Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional Sistem Informasi : 2433–2441.

Diadha, Rahminur. “Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak.” Edusentris 2, no. 1 (2015): 61–71.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 5, no. 2 : 172–182.

Hadi, Soetrisno. 2017 . “Peranan Pendidik dalam PLH menurut UU No. 4 tahun 1982.” Jurnal Hukum & Pembangunan 16, no. 2: 169–175.

Handayani, Fitri, and Aan Hasanah. 2020. "MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI." FASTABIQ: JURNAL STUDI ISLAM 1.2: 145-156.

Hakam, Kama Abdul, dan Encep Syarief Nurdin. 2016. Metode Internalisasi Nilai-Nilai. Bandung: Maulana Media Grafika.

Iftitah, Selfi Lailiyatul, dan Mardiyana Faridhatul Anawaty. 2020. “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19.” JCE (Journal of Childhood Education) 4, no. 2 : 71–81.

Kurnianto, Bagas, dan Ravita Deasy Rahmawati. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi.” In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA). Vol. 2.

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, dan Fitri Andriani. 2020 . “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1: 241.

Lickona, Thomas. 2019. Character Matters. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. 2015. Educating for Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. 2019. Pendidikan Karakter. Jakarta: Mizan.

Lilawati, Agustin. 2020. “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1: 549.

Manan, Syaepul. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 2, no. 1 : 49–65.

Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Diedit oleh Nur Laily Nusroh. Jakarta: AMZAH.

Mulyaningsih, Indrati Endang. 2014. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20, no. 4 : 441–451.

Mushfi, Muhammad, El Iq, Nurul Fadilah, dan Universitas Nurul Jadid. 2019. “Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid” 9, no. 1 : 1–25.

Nata, Abuddin. 2020. Pendidikan Islam Di Era Milenial.

Prawiyogi, Anggy Giri, Andri Purwanugraha, Ghulam Fakhry, dan Marwan Firmansyah. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 01 : 94–101.

Raharjo, Santoso Tri. 2015. “Mewujudkan Pembangunan Kesejahteraan Sosial melalui Keteladanan Nasional dan Keluarga.” Share: Social Work Journal 5, no. 2.

Ramli, Muhamad. 2015. “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5, no. 1.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, dan Mila Karmila. 2020. “Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” Jurnal MAPPESONA, no. 1 : 12.

Suyanto, Slamet. 2012. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 1.

Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.47281/fas.v2i1.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Giantomi Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

------------------------------------------------------------------------------------------

e-ISSN : 2723-0228

Indexed By:

    WorldCat | Edu-Consultant