STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Perspektif Dakwah Nabi)

Isya Siti Aisyatul Mahmudah Badruzaman, Sopaat Rahmat Slamet

Abstract


Early Childhood Education has grown in our society. But on the other hand, the problem of violence against children (KDRT), including early childhood, is still an important issue in this country. This is because parents' understanding of the meaning of education as a whole, let alone exemplified by the Prophet, is apparently still uneven. Even though the principles of early childhood education in the prophet's perspective already exist and can be role models. So, the objectives of this study are (1) to arouse awareness of parents to imitate the Prophet in early education for children, (2) to find a character education development strategy in early childhood education by involving parents This research method uses a qualitative research approach with text analysis (discourse), an objective hermeneutic approach to verses and hadiths as well as sources of information. The theory used in this study is the concept of AUD and combines the basic principles of verses from the Qur'an and Hadith and narrations. . The results of this study indicate that (1) at least 10 points of early childhood education have been exemplified by the Prophet in various aspects of children's life, in worship practices, and morals (2) strategies for developing early childhood education with the perspective of the Prophet's da'wah can be done by: strengthening communication parents with teachers, strengthening parent human resources with parenting study material, and strengthening the relationship between parents and teachers through family gathering activities.

Keywords: da'wah, domestic violence, early childhood education, education, early childhood,

 

Abstrak

 

Pendidikan Anak Usia Dini sudah tumbuh di masyarakat kita. Tetapi pada sisi lain problem kekerasan terhadap anak-anak (KDRT), termasuk anak usia dini masih menjadi persoalan penting di negeri ini. Hal ini karena pemahaman orangtua terhadap makna pendidikan secara utuh apalagi diteladankan Nabi saw tampaknya masih belum merata. Padahal prinsip pendidikan anak usia dini dalam perspektif nabi sudah ada dan bisa jadi teladan. Maka, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menggugah kesadaran orangtua untuk meneladani Nabi saw dalam pendidikan sejak dini bagi anak-anak, (2) menemukan strategi pengembangan pendidikan karakter pada anak PAUD dengan melibatkan orangtua murid. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan riset kualitatif dengan analisys text (wacana) pendekatan metode hermeneutic obyektif atasayat-ayat dan hadis serta sumber informasi.Teori yang digunakan dalam penelitian ini konsep AUD dan menggabungkan dengan prinsip dasar ayat Al-Qur’an dan Hadits serta riwayat. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) setidaknya ada 10 poin pendidikan anak sejak dini telah dicontohkan Nabi saw dalam berbagai aspek kehidupan anak, dalam praktek ibadah, dan akhlak (2) strategi pengembangan PAUD dengan perspektif dakwah nabi saw bisa dilakukan dengan cara: penguatan komunikasi orangtua dengan guru, penguatan SDM orangtua dengan materi kajian parenting, dan penguatan silaturahmi orangtua dengan guru melalui kegiatan Family gathering.

Kata kunci: dakwah, KDRT, PAUD, pendidikan, usia dini


Full Text:

PDF

References


Abdul Mun’im Ibrahim, 2007, Mendidik Anak Perempuan, Depok: Gema Insani

Abdurahman an-Nahlawi, 1995, ” Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insan Press

Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali, 1996, Ihya’ Ulum ad-Din, (Manshurah: Maktabat al-Iman, jilid. 2.

Ahmad binAli bin Hajar Abu al-Fadll al-’Asqalani asy-Syafi’i, 1379 (H), Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, (Beirut: Dar al-Ma’rifah, jil. 9

Al-Raghib Al-Asfahani, t.t., Al-Mufradat fî Gharib Al-Qur’an, jilid.1 t.tp: Maktabah Nizar Mustafa al-Baz

Anita Lie, 2004, 101 Cara Menumbuhkan Kecerdasan Anak, Jakarta: Gramedia

Bagong & Sutinah (ed.), Bagong Suyanto & Sutinah (ed.), 2007, Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, Jakarta: Prenada Media Group, 2007

Budi Santoso, 2011, Misteri Kekebalan Tubuh Manusia, Jogya: Flashbooks

Elizabeth B. Hurlock, 1999, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga

Fadhullah, “Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam,” dalam Ta’dhib Jurnal, Pendidikan Islam, Vol.6 No.2 (2018)

Ida. S Widyawati, 2018, Anak dari Surga Menuju Surga, Jakarta: PT. Arga Tilanta

Irawati Istadi, 2005, Mendidik Dengan Cita, Jakarta: Pustaka Inti

Jamal Abdurrahman, 2000, Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam

John M. Echols & Hassan Shadily, 2016, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia

Kumpulan Hadits 9 (Kutubussitah)-Versi Digital

Mohamad Samsudin, “Pendidikan Anak Perspektif Islam Dan Barat (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan)”, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 09; No. 01; 2015

MPI PP Muhammadiyah, 2013, 100 Tahun Muhammadiyah Menyinari Negeri, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah

MPK PP Muhammadiyah, 2007, Sistem Pengkaderan Muhammadiyah, Yogyakarta: UMS

Muhammad Abd ar-Rahman bin Abd ar-Rahim al-Mubarkafuri Abu al-’Ala, Tuhfat al-Ahwadzi bi Syarh Jami’at-Tirmidzi, (Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyah), jil. 4

Muhammad Nashir ad-Din al-Albani, 1421 (H), Shahih al-Adab al-Mufrad, Dar ashShiddiq, jil. 1

Muhyi al-Din Saykh Zadah, 1999, ‘Ala Tafsir al-Baidhawi, jilid 1, Bairût: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, cet.I

Mulyasa, Manajemen Pendidikan PUAD, 2016, Bandung: Remaja Rosda Karya

Mursyid, Pengembangan Pembelajaran PAUD, 2017, Bandung: Remaja Rosda Karya

Najamuddin Muhammad, “Anak adalah Raja, Metode Mendidik anak ala Nabi,” dalam http://www.didaksi.com diakses tanggal 31 Agustus 2020.

Neneng Uswatun Hasanah, “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam,” dalam Jurnal At-Ta’dib Vol.4 No.2 Sya’ban 1429

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia

CV Sy-Syifa, 1998, Mushaf An-Nur, Semarang: CV Asy-Syifa

Robert T Kiyosaki, 2005, Rid Kid Smart Kid, (terj. J. Dwi Helly Purnomo & Rina Buntaran), Jakarta: Gramedia

Rosita & Ahmad Buchori Muslim “Pendidikan Anak Usia Dini Persfektif Islam Dan Barat” (Bookreview), dalam al-Mudarris journal of education, Vol. 2, No. 2 Oktober 2019

Septiawan K Santana, 2007, Menulis Ilmiah Metode Penelitain Kualitatif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Syamsu Yusuf, 2005, Psikologi Belajar Agama (Perspektif Pendidikan Agama Islam), Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Syamsuddin RS, 2016, Sejarah Dakwah, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Sukarno L. Hasyim,” Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam”, dalam Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi Volume 1, Nomor 2, September 2015

Sutrisno, 1989, Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset

Warni Djuwita, “Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Cakrawala

Al-Qur’an-Hadis,” dalam Ulumuna, Volume XV Nomor 1 Juni 2011

Yulia Susanti, “Momen Idul Fitri Biasanya Identik dengan Baju Baru…” dalam https://star.grid.id diakses 30 Agustus 2020; 2 September 2020.

Riris Eka Setiani,” Pendidikan Anti Kekerasan Untuk Anak Usia Dini: Konsepsi dan Implementasinya,” dalam GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Volume. 1 No. 2. Juni 2016 e-ISSN: 2502-3519

https://www.Tirto.id , 21 November 2017 diakses 14 Oktober 2020)

Amir Hamzah, Metodologi Penelitian Kepustakaan Library Reasearch, Malang: Literasi Nusantara, 2020

Tim Redaksi Kamus Bahasa Indonesia, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008

Najamuddin Muhammad, “Anak adalah Raja, Metode Mendidik anak ala Nabi,” dalam http://www.didaksi.com diakses tanggal 31 Agustus 2020.

Suksinan Azhari (2004). ILmu Falak Teori & Praktek. Suara Muhammadiyah. Yogyakarta.

Elias A. Elias & Edward E. Elias, H.Ali Almascatie B.A. Kamus Saku Arab-Inggeris-Indonesia, (1983). PT Al-Ma’arif. Bandung

Seabad TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Berhidmat untuk Negeri, dalam https://republika.co.id diakses tanggal 14 Oktober 2020 jam 18.00

Fadhullah, “Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam,” dalam Ta’dhib Jurnal, Pendidikan Islam, Vol.6 No.2 (2018)

Haedar Nashir dalam Peta Sosiologis Gerakan Dakwah di Indonesia. (2004). Dakwah Islam Kontemporer Tantangan dan Harapan. Majelis Tabligh & Dakwah Khusus PP Muhammadiyah. Yogyakarta.

Darmaatmaja, Bonny, dan Mila Meilasari (2013) dalam Arifa Yusrina, Shrimarti Rukmini Devy, “Faktor yang Mempengaruhi Niat Ibu Memberikan ASI Ekslusif di Kelurahan Magersari, Sidoarjo,” Jurnal PROMKES Vo.4 No.1, Juli 2016

Azam Syukur Rahmatullah, “Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang dan Kontribusinya terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam,” Jurnal Literasi, Volume VI, No.1 Juni 2014

Dikutip dari serambinews.com dalam Yulia Susanti, “Momen Idul Fitri Biasanya Identik dengan Baju Baru….”dalam https://star.grid.id diakses 30 Agustus 2020; 2 September 2020.




DOI: https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 FASTABIQ : JURNAL STUDI ISLAM



------------------------------------------------------------------------------------------

e-ISSN : 2723-0228

Indexed By:

      WorldCat | Edu-Consultant