MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH PADA MASA PANDEMI

Ni'mawati Ni'mawati, Fitri Handayani, Aan Hasanah

Abstract


Character education is important to be developed continuously. Schools as formal educational institutions are the printers to create an ideal nation. The teacher has a very strategic position in building the character of students. In order for the management of character education in schools to be optimal, effective, and efficient, effective and efficient management activities are needed as well. Character education is very important for students. Therefore, even though currently during the Covid-19 pandemic, character education must still be conveyed to students. The purpose of this study was to analyze the character education management model in schools during the pandemic. This research uses descriptive analysis method with a qualitative approach and library data sources. The results of this study are that the character education management model in schools during the pandemic can be implemented by: First, collaboration between schools and parents of students must be continuously established, increased in intensity and quality. Both the use of information and communication technology (ICT) are both used for learning based on character, and can be used as well as possible to develop the students' skills. The third Problem Based Learning (PBL) builds a sense of responsibility and makes students not easily bored in online learning because it builds motivation in overcoming existing problems.

Keywords: Pandemic, character education, management.

 

Abstrak

Pendidikan karakter di sekolah penting untuk dikembangkan secara terus-menerus. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan pencetak generasi bangsa yang ideal. Guru memiliki posisi yang sangat strategis dalam membangun karakter peserta didik. Agar pengelolaan pendidikan karakter di sekolah dapat optimal, efektif, dan efisien, maka diperlukan kegiatan manajemen yang efektif dan efisien pula. Pendidikan karakter sangat penting bagi peserta didik. Oleh karena itu meskipun sekarang ini dalam masa pandemi Covid-19 pendidikan karakter tetap harus tersampaikan ke peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk  menganalisis model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan  sumber data kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa  model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masa pandemi dapat dilaksanakan dengan cara: Pertama kolaborasi antara sekolah dengan orang tua siswa harus terus-menerus dijalin, dipererat, dan ditingkatkan intensitas dan kualitasnya. Kedua pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ѕеbаgаі ѕаrаnа untuk pembelajaran nіlі-nіlаі dаѕаr реndіdіkаn karakter, dаn dараt dіmаnfааtkаn sebaik-baiknya untuk mengembangkan krеаtіvіtаѕ peserta didik. Ketiga Problem Based Learning (PBL) membangun rasa tanggung jawabdan menjadikan siswa tidak mudah jenuh dalam belajar online karena terbangun motivasi dalam memperoleh pemecahan masalah yang dihadapi.

 

Keywords: Pandemi, pendidikan karakter, pengelolaan.


Full Text:

PDF

References


Adit, Albertus. 2020. https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/06/134752871/di-masa-pandemi-orangtua-berperan-dalam-pendidikan-karakter-anak. Diakses 15Juli 2020.

Aji, Takhroji. 2020. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa? Diakses 14 Juli 2020

Fuadi, Ahmad Sahal. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri 19 September 2020.

Gafuri, H. Akhmad. Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter Dengan Teknik Pendampingan Guru Pada Sekolah Dasar.Jurnal Paradigma, Volume 11, Nomor 2, Juli 2016.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi, (Bandung: Alfabeta, 2014)

Hakam, K. A. 2005. Pendidikan Nilai. Bandung: CV Maulana.

https://www.merdeka.com/jakarta/anies-baswedan-pendidikan-karakter-bukan-sekadar-ilmu-pengetahuan.html. Diakses 19 Juli 2020

https://abdiguru.id/pemanfaatan-teknologi-dalam-pendidikan-karakter-di-sekolah. Diakses tanggal 30 Oktober 2020 pukul 16.00.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan)

Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: CV. Alfabeta.

Sani, Ridwan Abdullah, 2014, Pembelajaran Santifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara.

Subarto. Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. ‘Adalah Jurnal Hukum dan Keadilan volume 4 nomor 1 2020.

Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka, Departemen Pendidikan Nasional.

Suyadi, 2015, Srategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet. III.Hal. 134.

Taufikin. Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal ThufuLA Volume 5 Nomor 1 Januari - Juni 2017

Widoyoko, S. E. 2007. “Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran IPS di SMP”, Disertasi. Yogyakarta: PPS UNY.

Zuchdi, Darmiyati dkk.2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan No. 3 Mei 2010

---------- 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eka jaya.




DOI: https://doi.org/10.47281/fas.v1i2.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni'mawati, Fitri Handayani, Aan Hasanah



------------------------------------------------------------------------------------------

e-ISSN : 2723-0228

Indexed By:

      WorldCat | Edu-Consultant